PENIPUAN DENGAN MODUS SIUP PALSU PT. MITRA KARYA PERKASA, CEK 4 MILYAR DAN SURAT KETERANGAN TANAH

Pagi ini tiba-tiba teman WA ingin ketemu. Nggak biasanya pagi-pagi WA seperti itu. Setelah ketemu siangnya, dia tunjukin ada dokumen penting yang dia temuin di jalanan di sekitar rumah dia. Setelah saya cek amplopnya, ternyata didalamnya ada dokumen-dokumen yang sangat penting. Dokumen tersebut adalah SIUP (BESAR), Surat Keterangan Tanah, dan cek senilai 4,7M sebanyak 2 lembar.

SIUP-BESAR-
SIUP ini adalah syarat wajib yang harus dimiliki setiap perusahaan yang melakukan usaha perdagangan di Indonesia. Nah, SIUP ini sendiri terdiri menjadi 4 jenis berdasarkan skala usahanya. Kalau kita lihat dokumen di atas, yaitu SIUP Besar, Wajib memiliki perusahaan perdagangan yang memiliki modal dan kekayaan bersih (netto) seluruhnya mencapai lebih dari Rp 10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat dia usaha. WOW!! Nilai yang fantastis. Pasti ini yang punya orang kaya 7 turunan 😁.

Surat Keterangan Tanah
Dalam surat keterangan tersebut, disitu tertulis luas tanah 14,000 M. Luar biasa. Pasti ini orangnya kelimpungan nyari dokumen nya yang hilang.

2 lembar Cek
Dan tak kalah besarnya, ada 2 lembar cek dengan nilai sebesar Rp 4.7 Milyar. Nilai yang fantastis. Cek tersebut atas nama SUDARSONO SE.

Karena kasihan, kami ingin mengembalikan dokemen tersebut kepada pemiliknya dengan menelepon ke nomor yang tertera di SIUP nya. Dan benar saja, orang tersbut sangat senang ternyata dokumennya ditemukan oleh kami. Dia minta dikeep, jangan dikasih ke orang lain. Singkat cerita orang tersebut ingin memberikan imbalan sebesar Rp 200.000.000 (dua ratus juta rupiah) kepada kami bila dokukmennya bisa dikirim ke alamat yang tertera di SIUP. Semakin menambah kepercayaan orang tersebut memanglah pemilik aslinya.

Tapi...
Kok ya aneh kenapa dokumen yang begitu penting bisa hilang atau jatuh dengan mudahnya. Jatuh nya di jalanan desa pula. Pada saat telp sebelumnya, si pemilik tersebut mengaku sampai bolak-balik kaluar masuk bandara untuk mencari dokumennya. Karena agak janggal, sebelum mengirimkannya ke alamt yang dituju via pos (semangat karena diimingi Rp 200 juta), saya inisiatif cari info dulu mengenai nama PT yang tertera di SIUP tersebut, yaitu PT. MITRA KARYA PERKASA. Lha ndalahhhh.. Ternyata dengan hanya mengetik PT. MITRA KARYA PERKASA, info mengenai PENIPUAN sudah tersebar di internet. Dan kejadian modus penipuan yang sama sudah lama terjadi.

Dari informasi yang saya dapat, modusnya yaitu korban diyakinkan terlebih dahulu sama pelaku dengan isi surat berupa dokumen siup perdagangan barang dan jasa lalu mencatumkan nomor telepon dari perusahaan tersebut. Seakan pelaku ini menanamkan ke korban bahwa dia adalah orang kaya. Setelah korban menelpon pada nomor telepon yang tertera dalam surat, setelah itu pelaku menawarkan proyek dan setelah itu korban disuruh mentransferkan sejumlah uang ke rekening yang sudah di tunjuk.
 Alih-alih mendapatkan Rp 200 jt, malah amsyoooong kita.. Yaaaahhh, gak jadi Bos dong kita, celoteh temanku..

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "PENIPUAN DENGAN MODUS SIUP PALSU PT. MITRA KARYA PERKASA, CEK 4 MILYAR DAN SURAT KETERANGAN TANAH"

  1. Saya jg baru mnemukan, sama persis, ternyata modus pnipuan zaman sekarang bnyak caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Intinya sih tidak ada makan siang yang gratis. Pasti ada sesuatu dibalik itu semua. Dan gak mungkin dapat uang dengan sangat gampang, yang ceritanya seolah-olah kayak di sinetron TV

      Delete
  2. Saya juga menemukan dokumen serupa, hr ini (12/04/19) persis dipinggir jalan td pagi... Awalnya saya hampir terpengaruh, tetapi kemudian siangnya saya menemukannya lagi di tempat yg tidak jauh dr tempat awal yg saya temukan td... Jaman sekarang memang banyak cara untuk menipu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya modus ini sudah lama ya. dan masih terus ada. Semoga tidak ada yang kena ya. Silakan disebarkan informasi ini agar tidak ada teman kita yang kena tipu.

      Delete
  3. Suami sy juga menemukan, sdh cukup lama, baru kebuka amploknya td habis dimainin anak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga anaknya gak terpengaruh. Hehehe.. Penipuan jaman sekarang memang beragam ya

      Delete