CARA MEMBATALKAN TIKET KERETA API YANG SUDAH DIPESAN (REFUND TIKET KAI)

Lebaran tahun ini adalah lebaran spesial. Karena bukan hanya pulang ke kampung halaman yang selalu ngangenin, tapi juga taveling dan silaturrahmi ke pulau ALOR, NTT. Silaturrhami dengan saudara-saudara di sana. Karena itu saya berencana mengajak semua keluarga untuk pulang kampung (keluarga kecil sih 😛). Dari tempat tinggal sekarang di Bogor ke Lamongan. Rutinitas ini memang sudah saya lakukan sejak jaman kuliah di Jakarta, dan terus berlanjut sampai bekerja saat ini.

Singkat cerita, dapatlah tiket untuk 3 orang dan 1 orang tambahan. Saya pesan 3 bulan sebelum lebaran. Nah pas bulan puasa kondisi kesehatan istri labil. Muntah-muntah setiap hari. Karena khawatir, kita periksakanlah ke dokter. Setelah dicek dengan seksama, ternyata istri hamil 🙈. Alhasil, karena tidak diperbolehkan dokter untuk perjalanan jauh, tahun ini istri batal ikut pulang ke kampung.

Akhirnya diputuskan 2 tiket untuk dicancel. Baik tiket kereta maupun tiket pesawat yang sudah terlanjur dipesan jauh hari sebelumnya. Bahkan untuk tiket pesawat ke Alor harus dicancel semuanya PP.

Tiket tambahan

Tiket lebaran KAI

Kebanyakan orang yang tidak mau repot akan membiarkan hangus tiketnya begitu saja. Padahal kalau diurus, uangnya bisa kembali. Meskipun tidak full. Untuk membatalkan tiket kereta api yang telah dipesan, proses nya sangat gampang. Dan cepat. Sama sekali tidak repot!

Kali ini saya akan sharing sedikit CARA MEMBATALKAN TIKET KERETA API YANG SUDAH DIPESAN. Untuk sharing CARA MEMBATALKAN TIKET PESAWAT YANG SUDAH DIPESAN akan saya posting dilain kesempatan.

CARA MEMBATALKAN TIKET KERETA API YANG SUDAH DIPESAN (REFUND TIKET)
Proses pembatalan tiket kereta ini bisa dilakukan d istasiun-stasiun yang telah ditunjuk oleh PT. KAI. Tidak semua stasiun bisa.
Berikut stasiun-stasiun yang telah ditunjuk untuk melayani pembatalan seperti dihimpun dari laman resmi PT. KAI.


  • Divisi Regional I Sumatera Utara

Stasiun Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran Rantauprapat.


  • Divisi Regional II Sumatera Barat

Stasiun Padang



  • Divisi Regional III Sumatera Selatan

Stasiun Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Baturaja, Kotabumi, Tanjungkarang.



  • Daerah Operasi 1 Jakarta

Stasiun Serang, Rangkasbitung, Jakartakota, Gambir, Pasar Senen, Bogor,Bekasi, Cikampek.


  • Daerah Operasi 2 Bandung

Stasiun Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar.


  • Daerah Operasi 3 Cirebon

Cirebon, Cirebon perujakan, Jatibarang, Brebes.


  • Daerah Operasi 4 Semarang

Tegal, Pekalongan, Semarangponcol, Semarangtawang, Cepu, Bojonegoro.


  • Daerah Operasi 5 Purwokerto

Stasiun Purwokerto, Kroya, Cilacap, Kutoarjo.


  • Daerah Operasi 6 Yogyakarta

Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan.


  • Daerah Operasi 7 Madiun

Stasiun Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang.


  • Daerah Operasi 8 Surabaya

Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Blitar.


  • Daerah Operasi 9 Jember

Stasiun Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan.

Karena saya tinggal di Bogor maka saya memutuskan untuk mengajukan pengembalian tiketnya di stasiun Bogor. Untuk di Bogor, stasiun yang ditunjuk adalah STASIUN PALEDANG. Jangan sampai salah, bukan di stasiun besar kota Bogor. Tapi STASIUN PALEDANG, BOGOR. 


Stasiun Paledang, Bogor

YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENGAJUKAN PEMBATALAN TIKET KERETA API YANG SUDAH DIPESAN


  • KTP

Jangan lupa bawa KTP asli kita sebagai pengaju dan foto copy KTP penumpang yang namanya tertera di tiket yang telah dibooking (dipesan). Karena kalau kita tidak bawa KTP, maka petugas akan menganjurkan untuk mengambil KTP terlebih dahulu.

  • MENGISI FORMULIR PEMBATALAN TIKET
Formnya bisa minta ke petugas yang berjaga. Kita utarakan maksud kita, petugas akan memberikan form yang kita perlukan. Form nya sederhana, dan pengisian datapun tidak banyak. Untuk bagian cara pengembalian uang tiket, ada 2 pilihan. Yaitu bisa melalui transfer, atau tunai yang bisa diambil distasiun yang ditunjuk. Saya sendiri lebih prefer dengan cara trasnfer ke Bank Mandiri.

Form Refund Tiket KAI

Setelah form lengkap terisi, maka form tersebut bisa kita serahkan ke petugas yang berjaga di loket bersamaan dengan foto copy KTP penumpang yang akan dibatalkan. Setelah petugas memverifikasi data dan valid, maka petugas akan memberikan copy an form yang telah kita isi tadi. Simpan sebagai bukti yang dipergunakan pada saat pengambilan bea pembatalan jika pilihan pengembalian bea secara tunai.

  • BIAYA PEMBATALAN TIKET 25%
Jumlah dana yang kita terima nantinya 75% dari total biaya tiket yang kita beli.

  • LAMA PENGEMBALIAN BEA TIKET YANG DIBATALKAN
Untuk pemohon yang menginkan biaya pengembalian dalam bentuk cash, makan dapat dilakukan setelah 30 hari dari tanggal pengajuan saat itu. Pada saat pengambilan di stasiun yang ditunjuk, jangan lupa membawa copy an formulir yang kita dapatkan dari petugas saat mengajukan pembatalan tiket.
Untuk pemohon yang menggunakan via trasnfer bea pembatalan, maka dana akan masuk secara otomatis ke rekening kita kurang lebih 2 bulan setelah pengajuan. Dana saya sendiri masuk tepat 2 bulan setelah pengajuan (mendapatkan notifikasi dari KAI121).

Notifikasi sms dari KAI121

  • PEMBATALAN TIKET KERETA API PALING LAMBAT 30 MENIT SEBELUM JADWAL KEBERANGKATAN
 Jadi bisa dilakukan kapan saja selagi ada waktu dengan batas maksimal 30 menit sebelum hari keberangkatan. Yang pasti lebih cepat lebih baik.

Demikian yang bisa saya sharing mengenai CARA MEMBATALKAN TIKET KERETA API YANG SUDAH DIPESAN (REFUND TIKET KAI). Bagaimana?. Sangat mudah, kan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMBATALKAN TIKET KERETA API YANG SUDAH DIPESAN (REFUND TIKET KAI)"

Post a Comment