Pengalaman Pengajuan Secure Credit Card Bank Sinarmas




Kartu Kredit Sinarmas

Hari kesepakatan datang. Rabu pagi berangkat dari rumah menuju Pajajaran, Bogor. Ternyata Bank Sinarmas ini adalah cabang utama Bogor. Alamat Bank Sinarmas cabang utama Bogor tepatnya adalah  di Jl. Padjajaran No. 38 A, Kota Bogor, Jawa Barat 16143.

Tampak gedung dari depan

Masuk ke dalam ruangan yang cukup besar, lega dan nyaman, langsung ketemu dengan salesnya yang bernama Pak Wijaya dan CS nya. Orang nya memang supel dan sangat membantu. Update data dan tanda tangan dokumen pembukaan rekening selesai dalam beberapa menit.

Sebagai info tambahan, berikut syarat dan prasyarat pengajuan SECURE CREDIT CARD yang saya sadur dari web resmi Bank Sinarmas.

Secure Credit Card
Jenis kartu kredit Bank Sinarmas yang termasuk dalam kategori secure credit card, dimana diberikan kepada calon pemegang kartu tanpa melalui proses analisa dan verifikasi (instan approval), namun calon pemegang kartu wajib untuk melakukan lock dana pada tabungan Bank Sinarmas.

Setiap pengajuan kartu Indigo pasti disetujui, karena sudah ada jaminan lock dana pada tabungan calon pemegang kartu sehingga tidak melalui proses analisa dan verifikasi (instan approval). Fungsi lock dana pada tabungan adalah untuk membayar tagihan kartu kredit apabila pemegang kartu menunggak

Benefit :


  • Pasti disetujui, tanpa melalui proses verifikasi dan analisa.
  • Gratis Iuran Tahunan, nikmati gratis iuran tahunan seumur hidup.
  • Discount, Nikmati discount (potongan harga) di lebih dari 20.000 merchant (gerai rekanan) Sinarmas
  • Nilai Tukar Kurs, Menarik untuk setiap transaksi di Luar Negeri.

Syarat pengajuan :


  • Melengkapi form aplikasi kartu kredit
  • Melampirkan dokumen berikut : 
  1. Kartu identitas yang masih berlaku
  2. WNI : KTP/Paspor
  3. WNA : Paspor, KITTAS/KIMS, dan Surat Keterangan referensi dari perusahaan
  4. Surat Kuasa dan Surat Pernyataan
  5. Fotocopy NPWP (khusus limit di atas Rp. 50 juta)
Ketentuan Lock Dana :

  1. Jumlah minimal lock dana yaitu Rp. 1 juta.
  2. Jumlah maksimal limit kartu kredit yang diberikan yaitu sama dengan nominal lock dana tabungan.
  3. Perubahan limit kartu kredit dapat diajukan melalui kantor cabang terdekat dengan melakukan perubahan nominal lock dana tabungan.
  4. Lock dana tabungan tidak bisa digabung dengan program lock dana lainnya.
  5. Kode lock dana tabungan pada sistem S1 adalah BLK001 (secure credit card) dimana jangka waktu awal diisi dengan tanggal lock dana dan jangka waktu berakhir dikosongkan.
  6. Khusus untuk nasabah Simas Diamond dapat diajukan langsung tanpa melakukan lock dana. Jumlah minimum saldo Rp. 25 juta dianggap sebagai lock dana tabungan sehingga maksimal limit kartu kredit yang diberikan adalah Rp. 20 juta. 


Formulir diisi dengan dibantu mbak CS nya. Kita hanya tinggal tanda tangan saja dan sedikit pertanyaan mengenai pekerjaan dan usaha yang ada. Meskipun ini sifatnya pasti disetujui, tapi kita tetap diminta nomor telepon (HP) saudara yang tidak serumah dan melengkapi data seperti halnya pengajuan kartu kredit konvensional.

Pengisian data selesai, dan mereka info ke saya bahwa lock dana akan segera dilakukan setelah verifikasi data. Saat itu estimasi hari jum'at dalam minggu itu juga lock dana akan dilakukan. Jadi sebelum itu nasabah harus setor dana nya ke rekening pribadi. Keesokan hari nya saya transfer dana ke rekening, dan benar, hari jumat Pak Wijaya WA saya bahwa dana akan dilock.

Proses sampai pengajuan kita diaprove akan memakan waktu sekitar 2 minggu. Minggu berikutnya ada telp dari Bank Sinarmas. Saya kira verifikasi data, ternyata hanya menanyakan apakah benar alamat pengiriman kartu kredit nya ke alamat yang kita tulis di form. Dan tanggal 25 Oktober Pak Wijaya info kesaya bahwa kartu kredit saya diapprove. Finally.. Leganya...

Tanggal 27 Oktober 2016, saya mendapatkan surat dari Bank Sinarmas. Saya pikir itu adalah kartu kredit nya. Tapi ternyata hanya surat yang berisi pemberitahuan PIN Kartu Kredit nya. Kartu kredit dan PIN memang dikirmkan terpisah. Hal ini dilakukan menyangkut keamanan. Harus masih bersabar untuk madapatkan kartu kredit nya.

Surat yang diterima ternyata isinya PIN

 Hari sabtu tanggal 29 Oktober 2016, akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Yey!. Amplop yang diterima kali ini lebih tebel. Didalam nya terdapat Kartu Kredit dan CD yang isinya file pdf (penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Kartu Kredit).
Kartu Kredit yang diterima

Kartu Kreditnya belum bisa digunakan. Karena harus diaktifkan terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan Kartu Kredit nya, bisa menghubungi nomor di bawah ini.

Call Center Bank Sinarmas


Sebutkan nama, nomor kartu, masa berlaku kartu dll. Begitu selesai aktivasi, Kartu Kredit nya sudah bisa digunakan saat itu juga. Selain aktivasi, nomor Call Center Bank Sinarmas tersebut bisa digunakan untuk beberapa hal seperti dibawah ini :

  • Mengaktifkan kartu kredit bank Sinarmas
  • Menanyakan saldo 
  • Memblokir kartu kredit
  • Menanyakan kurs dolar dan mata uang asing
  • dll

Dengan memiliki Kartu Kredit ini, bukan berarti kita bisa dengan bebas menggunakannya. Harus disiplin dalam penggunaan sesuai tujuan awal. Jangan gunakan Kartu Kredit untuk tujuan konsumtif.

Semoga bermanfaat. Bila ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan komentar dibawah :)



Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Pengalaman Pengajuan Secure Credit Card Bank Sinarmas"

  1. Saya udah mau sebulan terima pinnya tp kartunya ga datang2. Bosan nunggu entah kemana lembaran pinnya mgkn dah disobek dan dibuang anakku....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayang juga ya. Tidak coba telp ke pihak CC nya mas?

      Delete
  2. Kalau misalnya ada promo cicilan 0% untuk CC biasa, bisa dipakai juga ngga itu CC indigo? Atau harus dibayar lunas semua setiap bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya Indigo ini sama dengan CC lainnya mas. Jadi promo cicilan juga bisa dimanfaatkan menggunakan CC ini.

      Delete
    2. Nggak bisa. Sepengalaman saya searching website onlie shop, dari Lazada, Bukalapak, Dinomarket, Mataharimall, Elevenia, tidak ada list kartu kredit Sinarmas untuk cicilan. Dengan kata lain, Sinarmas credit card baik secured maupun un secured, tidak ada fasilitas cicilan.

      Delete
    3. Thanks infonya Mas. Mungkin saya yang salah tangkap waktu dijelaskan sama marketingnya. Sampai saat ini memang saya belum pernah saya gunakan untuk cicilan, saya gunakan CC nya untuk bisnis saja dan belanja on line. Hehehe.. Coba nanti saya confirm lagi ke salesnya.

      Delete
  3. pernah sekali apply 2 bulan blm datang apa apa aku cancell aja wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya apply dari 2 Mei 2017, terima kartu 30 Juni 2017.
      Yang sekarang itu modelnya bukan warna abu-abu, nggak ada kata "indigo" lagi. kartu kredit secured Sinarmas sekarang warnanya hitam semua, platinum.

      Delete
    2. Terima kasih update nya mas Niki..

      Delete
  4. mau nanya gan masih ingat nomer telepon bank sinarmas yg confirm alamat gan berapa ya?soalnya saya dapat telepon malah ditawari asuransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo nomor telp gak ingat gan. Saya cuman punya 1 nomor yang saya record dengan nama Kartu Kredit Sinarmas. Mungkin bisa untuk referensi. Ini nomornya : +62 21 80629600

      Delete
  5. wajib lock dana dlu yah? atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib lock dana. Dana bisa diambil setelah kita menutup akun CC kita kelak kemudian hari

      Delete
  6. saya udah buka tabungan, ikutin persyaratannya .. bahkan masukin 1 juta untuk lock awal ..tetap ditolak .. bank yang aneh .. Sinarmas Cab Cileungsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah sampai ditelp pihak Sinarmas untuk verivikasi data?

      Delete
  7. Saya sering belanja online gan..yg saya telusuri belum ada program cicilan dipembayaran e commerce Indonesia..tapi agan bilang sering pake buat belanja online..itu model pembayarannya gimana ya gan terus klo boleh tau sering dipake belnja dimana soalnya saya sering belanja online jg..mau ngajuin ini takut malah mubazir klo gk kepakr karna blm support program cicilan di e commerce2 Indonesia

    ReplyDelete