Cara Mengurus Nenkin Untuk Jisshuusei Atau Kenshuusei Peserta Magang Yang Telah Pulang Ke Indonesia

Untuk para Jisshuusei dan atau Kenshuusei peserta Magangyang telah pulang ke Indonesia bisa mengurus Nenkin nya dengan mudah. Nenkin adalah dana pensiun yang kita bayarkan tiap bulan dari pengurangan gaji yang diterima. Nah, dana ini bisa kita klaim, urus untuk dicairkan. Ya itung-itung uang bonus lah ya. Nah yang bisa mendapatkan uang Nenkin ini adalah para Jisshuusei atau Kenshuusei atau Karyawan yang telah minimal 6 bulan membayar uang Nenkin selama bekerja. Karena biasanya mereka didaftarkan KOUSEI NENKIN. Nenkin yang cair ini nanti jumlah nya 80 persen dari total yang sudah kita bayarkan tiap bulannya. Sisanya yang 20 persen adalah pajak. Nah pajak 20 persen ini juga nanti nya akan bisa kita cairkan juga. Bagaimana caranya mencairkan pajak nenkin 20 persen? Nanti kita bahas di pos berikutnya.

Cara Mengisi Formulir Nenkin

Formulir harus diisi pada kolom kolom seperti panduan cara mengisi formulir di bawah ini. Sebab kalau tidak diisi semua sesuai dengan contoh dibawah, kemungkinan surat tersebut tidak akan diterima dan dikembalikan. Perhatikan untuk kolom nomor 4 dan 5, saat pengisian harus menggukana huruf ROMAJI BESAR (Kapital). Dan untuk alamat jangan disingkat. Misal Ds, Kec, Kab dan sejenisnya harus isi sesuai dengan “kata” apa adanya, menjadi Desa, Kecamatan maupun Kabupaten. Silakan lihat contoh formulir nya sebagai panduan.

Formulir Pencairan Nenkin

Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Pencairan Nenkin
  1. Foto kopi halaman dua paspor dimana ada data Nama, Nomor Paspor, Foto dll. Untuk yang namanya panjang dan di paspor dibagi ke halaman berikutnya, halaman berikutnya tersebut juga harus difoto kopi dan dilampirkan . 

  2. Foto kopi halaman paspor yang ada visa dan cap imigrasi tanggal masuk ke Jepang pertama kali. Biasanya halaman cap tanggal masuk ke Jepang dari imigrasi jadi satu dengan halaman yang tertempel visa Jepang nya.
  3. Foto kopi halaman paspor yang ada cap, menjelaskan tanggal/bulan/tahun kepulangan dari Jepang terakhir kali yang dicap oleh imigrasi. Ini halaman saat kita pulang, dicap pihak imigrasi Jepang saat cek in di bandara kepulangan.
  4. Foto kopi halaman paspor bagian belakang, halaman tanda tangan dan alamat kita tertera
  5. Buku Nenkin warna biru (asli)
Masukkan dokomen-dokumen yang dibutuhkan tersebut ke dalam satu amplop dan kirim ke alamat di bawah ini : 
Japan Pension Service
3-5-24, Takaido-nishi, Suginami-Ku,
Tokyo 168-8505  JAPAN
〒168-8505 東京都杉並区高井戸西3丁目5番24号
  日本年金機構 (外国業務グループ)
Tel +81-3-6700-1165

Atau bisa save gambar di bawah, kemudian print dan tempelkan di amplop yang akan di kirim.
Pengiriman dokumen atau surat dari Indonesia ke Jepang bisa lewat Pos Indonesia dengan menggunakan EMS

Berapa Lama Nenkin Cair

Setelah berkas sampai di Jepang, Nenkin akan cair minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan. Namun ada kalanya lebih lambat dari itu. Tergantung dari kesibukan pihak asuransi kayaknya. Jadi ya yang sabar-sabar saja. Kalau tidak ada masalah dengan berkas nya pasti akan keluar. Rata-rata sih antara 4-5 bulan akan keluar. Saat dana Nenkin cair tidak ada pemberitahuan dari pihak asuransi di Jepang. Jadi harus cek rekening masing-masing untuk memastikannya. Saran saya, coba daftar sms banking/mobile banking agar dapat notif bila ada uang masuk.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengurus Nenkin Untuk Jisshuusei Atau Kenshuusei Peserta Magang Yang Telah Pulang Ke Indonesia"